Dear Moms,

Aku ibu dari Nayyara (saat ini 3.5 bulan). Nay lahir prematur 36 minggu &> kecil (berat lahir 1.740 kg). Sejak lahir karena untuk mengejar berat badan> oleh RS (RSPI) sudah diberi sufor, tapi aku campur juga dengan ASI walaupun> tidak terlalu banyak (max 70 cc). Karena sejak di RS (Nay di inkubator selama 28 hari) diberi minum menggunakan selang kemudian dot, sehingga Nay jadi bingung puting. Selain itu juga di awal2 bulan daya hisap Nay kurang baik, jadi Nay hanya bisa minum menggunakan dot yang lubangnya besar. Baru2 ini aku coba Nay langsung netek ke saya, tapi Nay masih belum juga bisa menghisap dengan kuat. Mungkin juga karena puting saya tidak cukup besar & agak masuk, jadi susah untuk dihisap.

Masalah lainnya adalah ketika daya hisap Nay sudah mulai baik, giliran ASI saya yang sudah tinggal sedikit sekali. Kalau saya pompa dengan elektrik, selama 1/2 jam hanya dapat sekitar 5 - 10 cc. Karena kalau dipompa keluarnya sedikit, sekarang saya sering hanya memeras dengan manual saja hanya agar ASI saya tidak kering.

Minta saran dong dari para moms..iri deh rasanya kalo denger ibu2 yang ASI-nya banyak. Aku denger ada yang namanya relaktasi. Itu bagaimana caranya? dan aku juga pernah dengar ada klinik untuk relaktasi ini ya? dimana? Mohon infonya ya.

Pritta> Ibunya Nay

------------------------------------------------------------

Dear mama Nay,

Kalo soal klinik relaktasi saya kurang tau ada dimana. Tapi kemarin saya habis diberi pencerahan oleh DSA di Hospital Cinere, bahwasannya kalo si anak kita beri ASI terus otomatis payudara akan produksi lagi lagi dan lagi. Ibarat kata kalo dia hisap 1 lt maka akan terisi 1 lt lagi. Lambat laun si anak akan bertambah dengan sendirinya daya untuk menghisap ASI.

Jadi lebih baik jangan dibiasakan dengan dot, lebih baik langsung ke payudara. Karena menurut DSA saya itu efek dari penggunaan dot itu banyak, bisa amandel lah dan lain sebagainya.

Pengalaman saya sendiri, saya juga sudah salah telah mencampur ASI dan Sufor sejak awal, jadi produksi ASI tidak terlalu banyak. Mungkin saya dibilang telat utk memberikan ASI to' sekarang ini.

Namun gak ada salahnya kan kalo saya coba biar payudara saya bisa memproduksi ASI lebih banyak lagi.Oh iya 1 hal lagi, menurut penelitian, bayi ASI exclusive 6 bln dan diteruskan sampe usia 2 thn akan memiliki IQ 20 poin lebih tinggi dibanding anak yang bukan ASI Exclusive. Atas rekomendasi DSA saya, coba mama Nay baca buku "The Ultimate Breastfeeding Book of Answer".Mungkin sekian sharing dari saya. Jika ada kekurangan saya mohon maaf.Semoga berkenan yah...

Salam,mommynya Rigelia

-----------------------------------------------------------

Coba Rs St Carolus

Klinik laktasi

Hotline ASI3154187-4441 pesawat 2271

-----------------------------------------------------------

2 Comments:

  1. Mom syifa said...
    bagaimana caranya mengatasi supaya puting susu menjadi lebih besar dan keluar sehingga bayi mau menghisapnya?
    saat ini saya menyusui hanya dengan menggunakan payudara sebelah kiri saja dikarenakan puting susu payudara sebelah kanan tidak keluar (masuk kedalam)
    Me and Me said...
    Bunda Syifa,

    Agar lebih cepat balasan dari sesama ibu.., saya sarankan join di milist bayi-kita@yahoogroups.com

    Saya banyak mensummary dari milist ini untuk kepentingan pribadi saya dan istri saat sewaktu2 memerlukannya

    Ihsan

Post a Comment



Template by - Abdul Munir - 2008